terbaru

Jumat, 26 November 2010

Tank BMP-3F Rusia Tiba di Indonesia

JAKARTA: Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Alfan Baharudin mengatakan 17 unit tank amfibi BMP-3F buatan Rusia akan tiba di Indonesia pada Jumat (26/11) malam.

Ditemui usai menghadiri serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer di Jakarta, Kamis (25/11), Aflan mengatakan, ke-17 unit tank amfibi tersebut akan tiba di Dermaga Ujung Surabaya.

"Selain 17 unit tank amfibi, terdapat pula satu mobil bengkel. Seluruhnya diangkut dari Rusia ke Indonesia menggunakan kapal kargo komersial Rusia. Tiba sekitar pukul 19.00 WIB," ujarnya.

Alfan menambahkan, setibanya di Dermaga Ujung Surabaya, ke-17 unit tank amfibi itu akan menjalani uji fungsi untuk memastikan seluruh peralatan, perlengkapan tank tersebut beroperasi baik.

"Uji fungsi akan dilaksanakan di Surabaya dan Pusat Latihan Tempur Marinir Karang Tekok, Sitobondo. Usai menjalani uji fungsi dengan sempurna, baru akan akan ada penyerahan secara resmi dari Pemerintah Rusia kepada Indonesia dan TNI serta TNI Angkatan Laut sebagai pengguna," jelasnya.

Saat ini rata-rata kesiapan alat utama sistem senjata (alutsista) Marinir, termasuk kendaraan tempur, sekitar 60 hingga 70 persen. "Cukup baik, tetapi kan ada beberapa yang sudah sangat tua hingga perlu segera diganti untuk memaksimalkan efek tangkal dan daya tempur kita," katanya.

Dana yang dikucurkan dalam pembelian itu mencapai Rp 455 miliar atau 50 juta dollar AS. Awalnya, dengan harga tersebut TNI AL mendapatkan 20 tank, tetapi akhirnya hanya didapat 17 unit karena harganya naik. Korps Marinir saat ini memiliki sekitar 400 tank. Sebagian di antaranya kurang layak beroperasi. "Sebagian yang masih bisa diperbaiki akan diperbaiki. Sementara yang sudah tidak layak sama sekali akan dikandangkan," jelas Alfan.(bnj)

sumber: http://www.siaganews.com/read/2010/1...a-di-Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar