terbaru

Jumat, 07 Januari 2011

Pengembangan Peluncuran Satelit di Biak

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan empat wilayah strategis perekonomian di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

Keempat kawasan potensial itu adalah pengembangan di wilayah Jayapura, Merauke, Timika,dan Biak. Gubernur Papua Barnabas Suebu mengatakan,masing-masing kawasan tersebut mempunyai potensi ekonomi.Untuk pengembangan wilayah Jayapura, pemprov menitikberatkan pada green economic zone, yaitu pendayagunaan hydro powerdi Sungai Memberamo.Menurut Barnabas, hydro power itu mempunyai potensi daya listrik dengan kapasitas hingga 10.000 megawatt.

”Selain itu Jayapura juga akan mengembangkan kawasan Bongrang untuk industrial park yang dipersiapkan guna mengembangkan 1.000 pabrik,” ungkap Barnabas dalam paparan pengembangan empat wilayah ekonomi strategis Provinsi Papua di Jayapura kemarin. Dia menambahkan,di Jayapura akan ada pembangunan pelabuhan Laut Depapre dan Kotabaru di pinggir Danau Sentani akan dibangun jalan lingkar. ”Wilayahnya sekitar 15 km dari daerah industri Bongrang.

Rencana untuk Kotabaru, di pinggir Danau Sentani sudah siap master planpembangunan ring road penghubung Jayapura dengan Kotabaru,”ungkapnya. Kawasan Merauke akan dipersiapkan menjadi wilayah ekonomi strategis dengan program Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE). Pengembangan kawasan di wilayah itu menitikberatkan pada bidang pertanian dan perkebunan.

Terakhir, pengembangan kawasan Biak dengan menitikberatkan pada pengembangan pelabuhan laut, pengembangan bandara, dan pusat peluncuran satelit,”paparnya. Sementara itu, Menteri Perhubungan Freddy Numberi menambahkan, dari empat wilayah pengembangan ekonomi strategis tersebut, seluruhnya telah dikembangkan melalu blueprint yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

”Semua memiliki kekuatan masing-masing, kalau masuk di wilayah Memberamo di Jayapura itu untuk PLTA,” ungkap Freddy saat ditemui di tempat yang sama. Dia menambahkan, untuk kawasan pengembangan infrastruktur perhubungan, lebih dititikberatkan pada wilayah Jayapura di Pelabuhan Depapre. Investor bisa mencari investasi yang paling mereka inginkan. Freddy mencontohkan, untuk kawasan Sorong ada perusahaan batubara dari China,yaitu China Troilom.

http://www.seputar-indonesia.com/edi...t/view/373914/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar